Green Building IKN Dicapai Lewat Penghematan Energi

Pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah di depan mata.Berbagai persiapan dilakukan oleh pemerintah, terutama dalam rancangan infrastruktur dan arsitektur yang disebut akan mengusung konsep pembangunan berkelanjutan.


Rencananya kompleks perkantoran milik pemerintah di IKN Nusantara akan dibangun dengan menerapkan konsep green building untuk menjadi high performance green office district .


Dijelaskan dalam Buku Saku Pemindahan IKN, kantor pemerintahan di IKN baru akan mengedepankan open layout.


Ini merupakan konsep desain sebuah ruangan yang minim partisi internal dalam batas struktural bangunan, atau bagian dari bangunan.


Bila konsep ini diterapkan berarti ruangan tersebut tidak memiliki batasan fisik atau visual yang signifikan untuk menggambarkan berbagai area fungsional seperti ruang kerja, dapur, maupun ruang baca.


Lantas, bagaimana cara menerapkan konsep tersebut?


Ketua Umum Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI) Bintang Agus Nugroho menjelaskan, penerapan green building sesuai rancangan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tidak hanya dicapai melalui teknologi arsitektur, tetapi bisa dari perubahan perilaku.


Green building itu tidak semata-mata dicapai melalui teknologi arsitektur atau teknologi material, tapi tentang perubahan perilaku,” jelas Bintang dalam webinar Hari Nasional 2022 oleh Universitas Gunadarma Televisi, Jumat (18/3/2022).

Menurutnya, perilaku efisiensi energi bisa memberikan gerakan penghematan, sebelum menggunakan energi terbarukan